RPP Kurikulum 2013 PAI SMP-MTs Kelas VIII Bab I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    SMP ....
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester                   :    VIII / I           
Materi Pokok                      :    Meyakini Kitab-kitab Allah, Mencintai Al-Qur’an
Alokasi Waktu                    :   40 menit x 2

A.      Kompetensi Inti
KI-1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-3
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
1.2 Meyakini kitab suci al-Qurān sebagai pedoman hidup sehari-hari.

2.
3.4 Memahami makna beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.

3.4.1        Menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah dengan benar.
3.4.2        Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT. Dan rasul penerimanya dengan benar.
3.4.3        Memahami kitab Allah sebagai petunjuk manusia dengan baik.
3.4.4        Memahami Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam dengan baik.
3.4.5        Menjelaskan perbedaan kitab dengan suhuf dengan baik.
3.4.6        Memahami hikmah beriman kepada kitab Allah dengan baik.
3.4.7        Membiasakan mengamalkan ajaran Allah dalam kitab suci al-Qurān dalam kehidupan sehari- hari dengan benar.
3.
4.4 Menyajikan dalil naqli tentang beriman kepada kitab-kitab Allah Swt.

4.4.1        Menyebutkan dalil naqli tentang nama kitab-kitab Allah dengan lancar dan benar.
4.4.2        Menuliskan dalil naqli tentang nama kitab-kitab Allah dengan benar
4.4.3        Menyebutkan dalil naqli bukti kemurnian al-Qurān dengan benar dan lancar.
4.4.4        Menuliskan dalil naqli tentang kitab dan suhuf dengan benar.

C.      Deskripsi Materi Pembelajaran

  1.  Iman kepada kitab Allah berarti percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Allah telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada para Rasul-Nya untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia. Kitab-kitab itu merupakan pedoman hidup bagi manusia agar dapat meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.
  2.  Beriman kepada Kitab-kitab Allah yang telah diturunkan kepada para Rasul-Nya hukumnya wajib.
  3. Jika ditinjau dari segi masa turunnya, kitab yang diturunkan oleh Allah di dunia ada 4 kitab, yaitu Taurat, Zabur, Injil, dan al-Qur’ān.
  4. Kitab Taurat diturunkan Allah kepada Nabi Musa, kitab Zabur diturunkan Allah kepada Nabi Daud untuk kaum Yahudi, kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa hanya untuk kaum Nasrani. Kitab al-Qur’ān merupakan kitab yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad untuk seluruh umat manusia di dunia. Kitab Suci al-Qur’ān diturunkan Allah sebagai penyempurna dan membenarkan kitab-kitab sebelumnya.
  5. Keutamaan al-Qur’ān, yaitu: isi kandungannya lengkap karena mencakup segala aspek kehidupan; isinya sesuai dengan perkembangan zaman; susunan bahasanya yang sangat indah; membaca dan mendengarkannya merupakan ibadah; memuliakan akal pikiran manusia; menjadi penawar penyakit; membenarkan keberadaan kitab-kitab Allah Swt. yang terdahulu dan menyempurnakan hukum-hukumnya; sebagai mukjizat Nabi Muhammad yang paling besar; tidak pernah mengalami perubahan karena terpelihara kemurniannya hingga akhir zaman; dan memadukan antara ilmu, iman, dan amal-perbuatan.
  6. Orang yang beriman kepada Kitab Allah akan senantiasa meyakini bahwa ajaran Allah itu adalah untuk kebaikan dan kebahagiaan manusia di dunia dan akhirat.

D.    Metode Pembelajaran
  1. Tanya jawab
  2. Inquiry
  3. Diskusi/ TPS (Think Pair Share)

E.       Media Pembelajaran
  1.  Video
  2. Gambar
  3. Papan Tulis

F.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1:
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan

  1. Guru memperhatikan kerapian kelas serta menertibkan tempat duduk peserta didik.
  2. Guru memberi salam.
  3. Guru meminta salah seorang peserta didik memimpin doa.
  4. Guru memeriksa kehadiran peserta didik.
  5. Guru melakukan apersepsi dengan cara menanyakan pengetahuan peserta didik terkait dengan materi yang akan dipelajari.
  6. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
`
10 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
1.      Peserta didik mengamati video mengenai meyakini kitab-kitab Allah, Mencintai Al-Qur’an.
2.      Peserta didik menyampaikan hasil pengamatannya  mengenai video dengan arahan dari guru.
b.   Menanya
1.      Melalui stimulus dan penjelasan singkat dari guru, peserta didik bertanya terkait dengan pengamatan video.
2.      Peserta didik lain menjawab dan menanggapi pertanyaan dari temannya.
c.    Mengeksplorasi
1.      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok masing-masing kelompok terdiri 2 peserta didik.
2.        Tiap-tiap kelompok mempelajari meyakini kitab-kitab Allah, mencintai Al-Qur’an.
3.        Peserta didik diberi soal oleh guru.
4.        Peserta didik memikirkan secara individu mengenai jawaban dari soal yang diberikan oleh guru.
5.        Setelah peserta didik memikirkan secara individu, peserta didik berdiskusi dengan teman satu kelompok mengenai soal yang telah diberikan oleh guru.
d.   Komunikasi
1.      Perwakilan kelompok maju kedepan untuk memaparkan hasil diskusi mereka.
2.      Kelompok lain menanggapi, mengkritik, menyanggah serta saling memberi masukan.
3.      Jawaban dari masing-masing kelompok akan diluruskan oleh guru yang mana bertindak sebagai penengah diskusi.
4.      Peserta didik diberikan penjelasan oleh guru terkait materi meyakini kitab-kitab Allah, mencintai Al-Qur’an.
e.    Asosiasi
1.      Berdasarkan hasil diskusi tentang meyakini kitab-kitab Allah, mencintai Al-Qur’an, peserta didik mengaitkan materi ke dalam kehidupan bermasyarakat.

20 menit
3.
Penutup
1.      Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran dengan dibantu guru.
2.    Guru mengadakan evaluasi.
3.    Guru memberi gambaran serta penjelasan materi yang akan datang.
4.    Guru memberi motivasi.
5.    Guru menutup/ mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah.
6.    Guru meminta salah seorang peserta didik memimpin doa.
7.    Guru mengucapkan salam sebelum keluar kelas.

10 menit

Pertemuan : 2

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Guru memperhatikan kerapian kelas serta menertibkan tempat duduk peserta didik.
2.      Guru memberi salam.
3.      Guru meminta salah seorang peserta didik memimpin doa.
4.      Guru memeriksa kehadiran peserta didik.
5.      Guru melakukan apersepsi dengan cara menanyakan pengetahuan peserta didik terkait dengan materi yang akan dipelajari.
6.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

10 menit
2.
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati gambar mengenai meyakini kitab-kitab Allah, mencintai Al-Qur’an, peserta didik menyampaikan hasil pengamatannya  mengenai gambar dengan arahan dari guru.
Menanya
1.      Melalui stimulus dan penjelasan singkat dari guru, peserta didik bertanya terkait dengan pengamatan gambar.
2.      Peserta didik lain menjawab dan menanggapi pertanyaan dari temannya.

Mengeksplorasi
1.      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok masing-masing kelompok terdiri 2 peserta didik.
2.      Tiap-tiap kelompok mempelajari meyakini kitab-kitab Allah, mencintai Al-Qur’an.
3.      Peserta didik diberi soal oleh guru. Peserta didik memikirkan secara individu mengenai jawaban dari soal yang diberikan oleh guru.
4.      Setelah peserta didik memikirkan secara individu, peserta didik berdiskusi dengan teman satu kelompok mengenai soal yang telah diberikan oleh guru.
Komunikasi
1.      Setiap kelompok mempresentasikan apa yang telah kelompok tersebut diskusikan kepada satu kelompok.
2.      Kelompok yang menyimak presentasi dari kelompok lain menanggapi, mengkritik, menyanggah serta saling memberi masukan.
3.  Jawaban dari masing-masing kelompok akan diluruskan oleh guru yang mana bertindak sebagai penengah diskusi.
4.      Peserta didik diberikan penjelasan oleh guru terkait materi meyakini kitab-kitab Allah, mencintai Al-Qur’an.
Asosiasi
1.      Berdasarkan hasil diskusi tentang meyakini kitab-kitab Allah, mencintai Al-Qur’an, peserta didik mengaitkan materi ke dalam kehidupan bermasyarakat.

20 menit
3.
Penutup
1. Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran dengan dibantu guru.
2. Guru mengadakan evaluasi.
3. Guru memberi gambaran serta penjelasan materi yang akan datang.
4. Guru memberi motivasi.
5. Guru menutup/ mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah.
6. Guru meminta salah seorang peserta didik memimpin doa.
7. Guru mengucapkan salam sebelum keluar kelas.
 10    menit


G.      Penilaian Hasil Belajar

1.    Sikap Spiritual (Observasi)
          Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
·         Isi diskusi.
·         Sikap yg ditunjukkan siswa terkait dengan tanggung jawabnya terhadap pelaksanaan jalannya diskusi dan kerja kelompok.
Instrumen: Terlampir

2.    Pengetahuan
·         Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal – soal pilihan ganda.
Instrumen: Terlampir

3.    Keterampilan
·         Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang memuat bukti manuskrip mushaf kitab.
·         Membuat paparan hasil temuan tentang kitab-kitab Allah.
·         Membuat paparan analisis hubungan antara perilaku umat dengan kitab sucinya.
Instrumen: Terlampir


Lampiran : Instrumen Penilaian

1.      Instrumen Penilaian Spiritual

a.      Penilaian Sikap

Rubrik Penilaian Sikap dalam Mengikuti Diskusi
No.
Nama Peserta Didik
Aspek yang dinilai
Skor Maks.
Nilai
Ketuntasan
Tindak Lanjut
1
2
3
4
T
TT
R
P
1.       











2.       











3.       











4.       











5.       











Dst.












Keterangan:
T        : Tuntas
TT      : Tidak tuntas
R        : Remedial
P        : Pengayaan

Aspek dan cara penilaian:
1)      Kejelasan dan kedalaman informasi
a)  Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman materi lengkap dengan sempurna, skor 30.
b)  Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman materi lengkap dengan kurang sempurna, skor 20.
c)   Jika kelompok tersebut dapat memberikan kejelasan dan kedalaman materi kurang lengkap, skor 10.
2)      Keaktifan dalam diskusi
a)      Jika kelompok tersebut berperan sangat aktif dalam diskusi, skor 30.
b)      Jika kelompok tersebut berperan aktif dalam diskusi, skor 20.
c)      Jika kelompok tersebut berperan kurang aktif dalam diskusi, skor 10.
3)      Kejelasan dan kerapian presentasi
a)     Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan rapi, skor 40.
b)    Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan jelas dan rapi, skor 30.
c)  Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan sangat jelas dan kurang rapi, skor 20.
d)  Jika kelompok tersebut dapat mempresentasikan dengan kurang jelas dan kurang rapi, skor 10.

b.      Penilaian diri
No.
Nama Peserta Didik
Soal
Jumlah Skor
Keterangan
1
2
3
4
5
1.       








2.       








3.       








4.       








5.       








Dst.









Keterangan:
J = setuju, skor 3
K = biasa saja, skor 2
L = tidak setuju, skor 1
Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut.
1) Jika seorang peserta didik memperoleh skor 13-15 dapat ditetapkan sangat kompeten (A).
2) Jika seorang peserta didik memperoleh skor 9-12 dapat ditetapkan kompeten (B).
3) Jika seorang peserta didik memperoleh skor 5-8 dapat ditetapkan kurang kompeten (C).
4)      Jika seorang peserta didik memperoleh skor 0-4 dapat ditetapkan tidak kompeten (D).


2.      Instrumen Penilaian Pengetahuan
a.    Pilihlah satu jawaban yang tepat a, b, c, d dan e dengan tanda (silang)!
1.      Meyakini keberadaan kitab-kitab Allah merupakan perkara yang sangat penting bagi umat Islam. Sebagai orang yang beriman kepada kitab Allah berarti kita harus....
a.       mempercayai dan mengamalkan semua isi kitab Allah Swt.
b.      percaya bahwa kitab-kitab itu betul-betul dari Allah Swt.
c.       percaya dan mengamalkan semua kitab-kitab yang ada
d.      menganggap bahwa al-Qur’ān saja yang perlu dipercayai
2.      Dalam al-Qur’ān disebutkan ada 4 kitab yang diturunkan kepada 4 Rasul. Keempat Rasul tersebut adalah....
a.       Nuh, Ibrahim, Musa, Muhammad
b.      Musa, Ibrahim, Isa, Muhammad
c.       Nuh, Dawud, Isa, Muhammad
d.      Musa, Dawud, Isa, Muhammad
3.      Di antara 4 kitab Allah yang paling awal/terdahulu adalah kitab....
a.       Taurat
b.      Al-Qur’ān
c.       Zabur
d.      Injil
4.      Semua kitab Allah berisi ajaran yang benar dan baik sesuai dengan masanya. Ajaran yang sama dan tertuang dalam semua kitab Allah adalah tentang....
a.       tata cara bersuami istri
b.      perintah mengesakan Allah Swt.
c.       larangan membunuh binatang
d.      perintah bersatu padu
5.      Kitab Zabur diturunkan pada abad ke- ....
a.       16 SM
b.      12 SM
c.       10 SM
d.      5 SM
6.      Kitab Injil pada awalnya ditulis dengan bahasa....
a.       Ibrani
b.      Yunani
c.       Qibti
d.      Suryani
7.      Potongan Q.S. al-Isrā’: 55 tersebut menjelaskan tentang....
a.       Allah Swt. menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa a.s.
b.      Allah Swt. menurunkan kitab Zabur kepada Nabi Daud a.s.
c.       Allah Swt. menurunkan kitab Zabur kepada Nabi Isa a.s.
d.      Allah Swt. menurunkan kitab al-Qur’ān kepada Nabi Muhammad saw.
8.      Pengertian suhuf adalah....
a.       wahyu yang diterima para nabi dan dibukukan
b.      ucapan para nabi yang sudah tertulis dan dibukukan
c.       ketetapan para sahabat Nabi yang telah dibukukan
d.      lembaran wahyu Allah Swt. yang tidak dibukukan
9.      Di antara Nabi berikut ini yang menerima suhuf adalah Nabi….
a.       Harun a.s.
b.      Ibrahim a.s.
c.       Ismail a.s.
d.      Sulaiman a.s.
10.  Semua peraturan yang berasal dari Allah Swt. pasti benar. Sedangkanperaturan yang berasal dari manusia belum tentu benar, sebab ....
a.       manusia sebagai makhluk sosial
b.      tidak ada makhluk yang sempurna
c.       manusia memiliki banyak kelemahan
d.      Al-Qur’ān merupakan peraturan yang benar

Kunci Jawaban:

No.
Kunci Jawaban
No.
Kunci Jawaban
1.       
B
6.
D
2.       
D
7.
B
3.       
A
8.
D
4.       
B
9.
B
5.       
C
10.
C

b.      Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat!
1.      Jelaskan pengertian iman kepada kitab Allah Swt.!
2.      Mengapa manusia memerlukan kitab Allah Swt.?
3.      Sebutkan 4 kitab yang diturunkan Allah Swt.!
4.      Bagaimana cara beriman kepada kitab-kitab sebelum al-Qur’ān?
5.      Sebutkan dua contoh perilaku yang mencerminkan seorang muslim beriman kepada kitab Allah Swt.!
Kunci Jawaban:
1.      Iman kepada kitab Allah Swt. berarti percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Allah Swt. telah menurunkan kitab-kitab-Nya kepada para Rasul-Nya untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia. Kitab-kitab itu merupakan pedoman hidup bagi manusia agar dapat meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.
2.      Kitab suci Allah sebagai pedoman hidup manusia
3.      Zabur, Taurat, Injil, al-Qurān
4.      Orang yang beriman kepada kitab Allah Swt. akan senantiasa meyakini bahwa ajaran Allah itu adalah untuk kebaikan dan kebahagiaan manusia di dunia dan akhirat.
5.      Menumbuhkan sikap optimis dalam menjani kehidupan sehari-hari, sabar dalam menghadapi cobaan serta selaku bersyukur kepada Allah (dikembangkan oleh guru).
Penilaian:
1.      Soal Pilihan Ganda (PG)
Skor penilaian jawaban soal pilihan ganda adalah: jumlah jawaban benar x 1 (skor maksimal 10 x 1= 10).
2.      Soal Uraian
Uraian : jumlah jawaban benar x 2 (maksimal 5 × 2 = 10)

No. Soal
Cara penilaian
Skor maks.
1.       
a.       Jika peserta didik dapat menuliskan pengertian kitab Allah sangat lengkap, skor 2.
b.      Jika peserta didik dapat menuliskan pengertian kitab Allah lengkap, skor 1,5.
c.       Jika peserta didik dapat menuliskan pengertian kitab Allah tidak lengkap, skor 1.
2
2.       
a.       Jika peserta didik dapat menuliskan sebab-sebab manusia memerlukan kitab Allah sangat lengkap, skor 2.
b.      Jika peserta didik dapat menuliskan sebab-sebab manusia memerlukan kitab Allah lengkap, skor 1,5.
c.       Jika peserta didik dapat menuliskan sebab-sebab manusia memerlukan kitab Allah tidak lengkap, skor 1.
2
3.       
a.       Jika peserta didik dapat menuliskan 4 nama kitab, skor 2.
b.      Jika peserta didik dapat menuliskan 3 nama kitab, skor 1,5.
c.       Jika peserta didik dapat menuliskan 2 nama kitab, skor 1.
d.      Jika peserta didik dapat menuliskan 1 nama kitab, skor 0.5.
2
4.       
a.       Jika peserta didik dapat menuliskan cara beriman kepada kitab sebelum al-Qurān sangat lengkap, skor 2.
b.      Jika peserta didik dapat menuliskan cara beriman kepada kitab sebelum al-Qurān lengkap, skor 1,5.
c.       Jika peserta didik dapat menuliskan cara beriman kepada kitab sebelum al-Qurān tidak lengkap, skor 1.

2
5.       
a.       Jika peserta didik dapat menuliskan perilaku yang mencerminkan seorang muslim beriman kepada kitab Allah sangat lengkap, skor 2.
b.      Jika peserta didik dapat menuliskan perilaku yang mencerminkan seorang muslim beriman kepada kitab Allah lengkap, skor 1,5.
c.       Jika peserta didik dapat menuliskan perilaku yang mencerminkan seorang muslim beriman kepada kitab Allah tidak lengkap, skor 1.
2

Skor Maksimal
10

Nilai = Nilai pilihan ganda + Nilai uraian : Skor maksimal (20) x 100

3.      Tugas
Skor penilaian sebagai berikut:

1)      Tugas produk
Cara penilaiannya adalah:
Nama Kelompok   : .........................................
Anggota                : .........................................
Kelas                     : .........................................
Nama Produk        : .........................................


No.

Aspek
Skor (1-4)
4
3
2
1
1.       
Perencanaan
a. Persiapan
b. Rumusan Judul





2.       
Pelaksanaan
a. Persiapan alat
b. Teknik pencarian
c. Kreativitas




3.       
Hasil produk
a. Bentuk fisik
b. Inovasi





Total Skor





Keterangan penilaian:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup baik
1 = kurang baik
Petunjuk Penskoran:
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor yang dicapai : Skor Maksimal x 100 = Skor Akhir

2)      Tugas problem solving
Cara penilaiannya adalah:
a)      Jika peserta didik dapat menuliskan dua cara yang dapat dilakukan Anisa ketika melihat lembaran kertas yang tergeletak di pinggir jalan padahal ia sedang menstruasi dengan benar dan dikumpulkan tepat waktu, skor 100.
b)      Jika peserta didik dapat menuliskan dua cara yang dapat dilakukan Anisa ketika melihat lembaran kertas yang tergeletak di pinggir jalan padahal ia sedang menstruasi dengan benar dan dikumpulkan tidak tepat waktu, skor 75.
c)      Jika peserta didik dapat menuliskan satu cara yang dapat dilakukan Anisa ketika melihat lembaran kertas yang tergeletak di pinggir jalan padahal ia sedang menstruasi dengan benar dan dikumpulkan tepat waktu, skor 50.
d)     Jika peserta didik dapat menuliskan satu cara yang dapat dilakukan Anisa ketika melihat lembaran kertas yang tergeletak di pinggir jalan padahal ia sedang menstruasi dengan benar dan dikumpulkan tidak tepat waktu, skor 25.


3)      Tugas proyek
Cara penilaiannya adalah:
Nama Kelompok   : ..........................................
Anggota                : .........................................
Kelas                     : .........................................
Nama Produk        : .........................................

No.
Aspek
Skor (1-4)
4
3
2
1
1.       
Perencanaan
a. Persiapan
b. Rumusan Judul




2.       
Tahapan Proses Pembuatan
a. Sistimatika penulisan
b. Keakuratan sumber data
c. Analisis data
d. Penarikan kesimpulan




3.       
Tahap Akhir
a. Performans
b. Presentasi/Penguasaan





Total Skor





Keterangan penilaian:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup baik
1 = kurang baik

Petunjuk Penskoran:
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor yang dicapai : Skor Maksimal x 100 = Skor Akhir

3.      Instrumen Penilaian Keterampilan
Tugas:
1.    Al-Qur’ān berisi tentang 5 hal pokok yaitu menyangkut akidah, akhlak, ibadah, muamalah, dan tarikh. Carilah ayat-ayat al-Qur’ān yang terkait dengan lima hal pokok tersebut masing-masing satu ayat.
2.    Anisa sedang berada di perjalanan dari rumah ke sekolah. Di tengah perjalanan dia melihat lembaran yang menarik perhatiannya. Setelah didekati ternyata lembaran yang tergeletak di pinggir jalan itu berisi ayat al-Qur’ān. Apakah yang harus dilakuan oleh Anisa, sedangkan dia pada saat itu sedang menstruasi? Diskusikan masalah tersebut dengan kelompok kalian masing-masing! (jawaban minimal dua alternatif).
3.    Salah satu cara Allah dalam menjaga kemurnian al-Qur’ān adalah dengan banyaknya para penghafal al-Qur’ān. Carilah bentuk lain yang merupakan cara Allah menjaga kemurnian al-Qur’ān tersebut. Laporkan dan paparkan hasil penelusuran yang kamu lakukan secara individu atau kelompok.

Nama Peserta Didik
Aktivitas

Jml Skor

Nilai
Kerja sama
Keaktifan
Partisipasi
Inisiatif

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4


































































































Cara penilaian:
1.      Apabila peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator.
2.  Apabila peserta didik sudah memperlihatkan perilaku tetapi belum konsisten yang dinyatakan dalam indikator.
3.  Apabila peserta didik sudah memperlihatkan perilaku dan sudah konsisten yang dinyatakan dalam indikator.
4.      Apabila peserta didik sudah memperlihatkan perilaku kebiasaan yang dinyatakan dalam indikator.

Catatan:
Penguasaan nilai disesuaikan dengan karakter yang diinginkan.
Rentang Skor        = Skor Maksimal – Skor Minimal
= 16 – 4
= 12

MK            = 14 – 16
MB            = 11– 13
MT            = 8 – 10
BT             = 4 – 7

Keterangan:
BT  :
Belum terlihat, apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator (D).
MT :
Mulai terlihat, apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten (C).
MB :
Mulai berkembang, apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten (B).
MK :
Membiasakan, perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten (A).



                          

H.    Sumber Belajar
1.      Al-Qur’an dan Terjemahnya Depag RI
2.      Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls VIII SMP/MTs, Kemdikbud Jakarta, 2013
3.      Buku-buku penunjang PAI kelas VIII




Mengetahui,
Kepala SMP 003 Sangatta Utara




...............................................
NIP. ......................................

Sangatta, 13 April 2015


Guru Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti





MASDUKI ZAKARIYA, S.Pd.I
NIP. 11.01.0026

Reaksi:

0 komentar: